Pelatihan Petugas Survei Angkatan Kerja Nasional (SAKERNAS) Agustus 2024 - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Deli Serdang

Untuk mendapatkan data BPS silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Deli Serdang, Jl. Karya Utama Kompleks Pemkab Deli Serdang Lubuk Pakam setiap hari kerja mulai pukul 08:00 s.d 15:30 WIB

Pelatihan Petugas Survei Angkatan Kerja Nasional (SAKERNAS) Agustus 2024

Pelatihan Petugas Survei Angkatan Kerja Nasional (SAKERNAS) Agustus 2024

18 Juli 2024 | Kegiatan Statistik


Pada Hari Kamis, 18 Juli 2024 Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Deli Serdang, Herman, S.E., M.Si., memberikan arahan pada pelatihan petugas Survei Angkatan Kerja Nasional (SAKERNAS) Agustus 2024 secara offline atau luar jaringan di ballroom d'primahotel.

Secara umum, tujuan pengumpulan data Sakernas Agustus 2024 adalah untuk menyediakan data pokok ketenagakerjaan yang berkesinambungan. Secara khusus, Sakernas Agustus 2024 bertujuan untuk memperoleh estimasi data jumlah penduduk bekerja, jumlah pengangguran, dan indikator ketenagakerjaan lainnya, serta perkembangannya yang representatif di tingkat nasional, provinsi dan kabupaten/kota. 

Sakernas mengumpulkan keterangan setiap rumah tangga sampel mengenai keadaan umum setiap anggota rumah tangga (nama, hubungan dengan kepala rumah tangga, jenis kelamin, kewarganegaraan, tempat lahir, bulan dan tahun lahir, umur serta nomor urut ibu kandung). Pada anggota rumah tangga yang berumur 5 tahun ke atas, dikumpulkan informasi Nomor Induk Kependudukan (NIK), status perkawinan, partisipasi sekolah, pendidikan dan pelatihan, tempat tinggal 5 tahun yang lalu, disabilitas, variabel teknologi, informasi dan komunikasi (TIK), kegiatan bekerja seminggu terakhir, pekerjaan utama, pekerjaan tambahan, kegiatan mencari pekerjaan/mempersiapkan usaha baru, pengalaman kerja baik di dalam maupun di luar negeri, serta Program Kartu Prakerja untuk yang berumur 18 tahun ke atas.

Sakernas dilaksanakan dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Februari dan Agustus. Cakupan pelaksanaan Sakernas Agustus 2024 adalah di 38 provinsi dan 514 kabupaten/kota di wilayah Republik Indonesia. Besarnya sampel Sakernas Agustus 2024 sebanyak 30.788 Blok Sensus (BS) atau sekitar 307.880 rumah tangga dan untuk Kabupaten Deli Serdang ada sebanyak 80 target Blok Sensus dengan jumlah sampel sekitar 800 Rumah Tangga.

Kegiatan pendataan Sakernas Agustus 2024 ini dilakukan dengan menggunakan device portable (tablet/smartphone/gawai) yang dimiliki oleh petugas atau disebut dengan metode BYOD (Bring Your Own Device). Metode pengumpulan data dengan CAPI ini memungkinkan petugas dapat melakukan wawancara tanpa membawa sejumlah dokumen fisik, namun kerahasiaan data tetap terjaga. Dengan metode CAPI ini petugas juga dapat melakukan pengiriman data dengan segera setelah pendataan selesai, sehingga data dapat diperoleh secara near real time dan dapat dilakukan pemantauan melalui FASIH dashboard. Diharapkan petugas mampu sergera beradaptasi terhadap metode penggunaan gawai dalam wawancara/pengumpulan data, baik dari segi etika berwawancara maupun proses penggalian informasi rumahtangga dalam pelaksanaan updating dan pencacahan sampel Sakernas Agustus 2024. 

Adapun konsep ketenagakerjaan yang digunakan pada pelaksanaan Sakernas Agustus 2024 yakni berdasarkan International Conference of Labour Statisticians (ICLS) ke-13 dan ICLS-19. Selain itu, pada Sakernas Agustus 2024 juga menerapkan konsep ketenagakerjaan berdasarkan modul kuesioner Survei Angkatan Kerja (Labor Force Survey-LFS) International Labour Organization (ILO).
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Deli Serdang (Statistics of Deli Serdang Regency) Jl. Karya Utama Kompleks Pemkab Deli Serdang-Lubuk Pakam 20514

Telp : (061) 7955111 Fax : (061) 7951326 Email : bps1212@bps.go.id 

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik